Article Detail

Praktek Membuat Rangkaian Listrik yang Menyenangkan

Pada kurikulum di Sekolah Dasar Kelas VI, siswa-siswi SD sudah dikenalkan dengan rangkaian listrik. Akan tetapi, para siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan mempelajari terkait materi yang disampaikan secara lisan oleh Bapak/Ibu guru. Oleh karena itu, untuk mempermudah pemahaman para siswa dan untuk pengenalan lebih jelas tentang rangkain listrik, bapak Anakleus Wahyana dan ibu Elisabet mengadakan praktek membuat rangkaian sederhana (rangkaian seri dan rangkaian paralel) pada peserta didik kelas 6 SD Tarakanita 1

Dengan melakukan praktek tersebut, agar siswa Kelas VI SD Tarakanita 1 dapat mengetahui perbedaan rangkaian seri dan paralel dengan cara langsung mempraktekan sendiri dari materi yang diberikan. Tujuan dilakukan praktek membuat rangkaian sederhana adalah untuk menambah pengetahuan dan pemahaman siswa dalam bidang kelistrikan mulai dari fungsi lampu, kabel, saklar dll.Kegiatan diawali dengan pemaparan  materi tentang rangkaian seri dan rangkaian paralel, selanjutnya dilakukan tanya jawab mengenai pengetahuan siswa tentang rangkaian yang berada disekitar dan digunakan sehari-hari.

Setelah itu para siswa merangkai rangkaian seri dan paralel sesuai dengan meteri. Komponen elektronik yang digunakan cukup sederhana yaitu batu baterai, bohlam lampu kecil, saklar dan kabel. Dengan senang hati para Peserta didik melakukan praktek membuat rangkaian seri dan paralel. Sangat senang, saat semua komponen terpasang dengan baik dan saat saklar dalam posisi on lampu menyala semua. Tetapi ada yang belum berhasil, bagi peserta didik yang belum behasil diberi waktu untuk memperbaiki dan memeriksa rangkaian sampai dalam keadaan benar. Dan akhirnya semua pesertadidik berhasil semua dalam kegiatan praktek kali ini. Memberikan pembelajaran yang nyata dan  praktek langsung akan membuat peserta didik lebih menguasai materi pembelajaran. Semangat peserta didik kelas 6 dalam belajar. Pasti berhasil. AM

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment