Article Detail

Perkemahan Penggalang

Kamis, 28 April 2016, SD Tarakanita 1 mengadakan kegiatan perkemahan penggalang di Villa Roso, Desa Ciayanti, Babakan Madang, Jawa Barat. Kegiatan perkemahan diikuti oleh 65 anggota pramuka penggalang SD Tarakanita 1  Gudep 01-041 dan 01-042.

Kegiatan perkemahan diawali dengan upacara pembukaan dan pengibaran bendera Merah Putih. Setelah upacara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan masak bersama dan makan siang bersama. Tepat pukul 13.00 anggota pramuka berkumpul untuk bersiap-siap mengikuti kegiatan wide game. Ada 8 pos kegiatan wide game yang harus diikuti oleh setiap regu, yaitu jembatan goyang, bowling, mendirikan menara, menjinakan bom, menyebrang sungai, bola mengalir, karpet aladin dan bambu egrang. Kegiatan wide games diakhiri dengan kegiatan menangkap ikan bersama-sama.

Malam harinya, kegiatan dilanjutkan dengana api unggun dan jalan malam. Pada kegiatan api unggun, 10 orang perwakilan siswa bergantian menyalakan obor dan membacakan dasa dharma. Setelah api unggun dinyalakan, setiap regu bergantian menampilkan seni budaya yang telah dipersiakan sebelumnya. Untuk mengenal alam sekitar, setelah kegiatan api unggun seluruh peserta perkemahan diajak jalan malam menyusuri perkampungan sambil mendengarkan suara alam di malam hari. Kegiatan hari pertama diakhiri dengan renungan malam dan doa bersama.

Esok harinya, Jumat, 29 April 2016, pramuka penggalang mengawali harinya dengan senam pagi bersama. Setelah senam pagi dan sarapan, kegiatan dilanjutkan dengan jalan pagi menyusuri perkampungan, sungai serta sawah. Pramuka penggalang menikmati kegiatan jalan pagi, khususnya pada saat menyusuri sungai. Sesampainya di lokasi perkemahan, anggota penggalang membersihkan diri dan bersiap-siap untuk upacara penutup.

Pada upacara penutup, diumumkan regu yang berhasil meraih juara. Juara 1 diraih oleh regu Garuda, Juara 2 regu Teratai dan Juara 3 regu Rajawali. Setelah upacara penutup dan pembagian hadiah, anggota pramuka penggalang bersiap-siap untuk kembali ke sekolah.  

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment